Sabtu, 03 September 2011

PRINSIP-PRISIP PERKEMBANGAN MANUSIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM



1.      Jelaskan pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses yang bertahap dan berangsur-angsur?

Jawab :
Pertumbuhan dan perkembangan manusia merupakan prinsip pertama dari perkembangan yang dapat dipahami dari Al-Qur’an. Ketika dinyatakan bahwa allah adalah maha pencipta, maha penjaga, dan maha memelihara degala sesuatu.

Penjelasan:
Al-qur’an mengatakan bahwa allah menciptaka manusia dari berbagai tahap progresi pertumbuhan dan perkembangan. Dengan kata lain, kehidupan manusia memilih dalam tahapan-tahapan tertentu dari pembuahan sampai kematian. Tahapan yang dilewati manusia dalam pertumbuhan. Dan perkembangannya bukan terjadi karena peluang atau kebetulan. Namun merupakan sesuatu yang dirancang atau ditentukan ditetapkan langsung oleh Allah swt. Banyak al-qur’an yang menyatakan salah satu contohnya adalah sebagai berikut:
Ï%©!$# ¼çms9 à7ù=ãB ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur óOs9ur õÏ­Gtƒ #Ys9ur öNs9ur `ä3tƒ ¼ã&©! Ô7ƒÎŽŸ° Îû Å7ù=ßJø9$# t,n=yzur ¨@à2 &äóÓx« ¼çnu£s)sù #\ƒÏø)s? ÇËÈ  
“Yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tidak mempunyai anak, tidak ada sekutu baginya, dan kekuasaan-nya, dan dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat. (Qs. Al-Furqaan:2).”
$¨B ö/ä3s9 Ÿw tbqã_ös? ¬! #Y$s%ur ÇÊÌÈ   ôs%ur ö/ä3s)n=s{ #·#uqôÛr& ÇÊÍÈ  
“ mengapa kamu tidak takut akan kebesaran allah? Dan sesungguhnya, dia telah menciptakan kamu dalam beberapa tingakatan (kejadian),(Qs. Nuh 13-14)





2.      Jelaskan maksud prinsip perkembangan 1. Bahwa “pertumbuhan dan perkembangan manusia. Memiliki pola tertentu.

Jawab:
Menurut al-qur’an, pertumbuhan dan perkembangan manusia memilikipola umum yang dapat diterapka pada manusia. Meskipun terdapat perbedaan individual tubuh. Dari keadaan yyang kemudian kembali melemah.

Penjelasan:
Al-Qur’an menyatakan sebagai berikut :

* ª!$# Ï%©!$# Nä3s)n=s{ `ÏiB 7#÷è|Ê ¢OèO Ÿ@yèy_ .`ÏB Ï÷èt/ 7#÷è|Ê Zo§qè% ¢OèO Ÿ@yèy_ .`ÏB Ï÷èt/ ;o§qè%          $Zÿ÷è|Ê Zpt7øŠx©ur 4 ß,è=øƒs $tB âä!$t±o ( uqèdur ÞOŠÎ=yèø9$# ãƒÏs)ø9$# ÇÎÍÈ  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar